Perbedaan Layout Linear, Realtive dan Constraint Pada Android Studio


Perbedaan Layout Linear, Realtive dan Constraint Pada Android Studio

  1. Layout Linear
    Layout Linear adalah sekelompok tampilan yang menyejajarkan semua anak dalam satu arah, secara vertikal atau horizontal.


    Layout linear berfungsi untuk menampilkan komponen-komponen aplikasi contohnya : teks, tombol, gambar dan lainnya dengan cara vertikal ataupunhorizontal. Kesederhanaan Linear Layout memudahkan penggunaan namun membatasi fleksibilitasnya. Untuk aplikasi yang memiliki design tidak terlalu kompleks maka linear layout sangat cocok untuk digunakan.

  2. Layout Relative
    Relative Layout adalah layout yang penataan nya menempatkan widget-widget didalamnya seperti layer, sehingga sebuah widget dapat berada di atas/di bawah widget lainnya. Layout relative merupakan layout yang penataannya lebih bebas (Relative) sehingga bisa di tata di mana saja.
  3. Layout Constraint
    Constraint layout adalah layout baru dari android studio yang bisa membuat layout lebih kompleks dan responsive. Constraint layout bisa disebut juga pengembangan dari relative layoutnya android. Dengan constraint layout, desainer bisa langsung mendesain lewat layout editor untuk tampilan yang akan dibuat dengan melakukan drag n drop component serta mengaturnya dengan mudah tanpa harus bersusah payah coding xml layoutnya.
Sekian artikel tentang Perbedaan Layout Linear, Realtive dan Constraint Pada Android Studio dari saya semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan. Ikuti terus postingan dari saya ya ... Terimakasih :D

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Intent Eksplisit dan Intent Implisit Pada Android Studio

Toturial Membuat Aplikasi Hello Toast di Android Studio